Sabtu, 03 Mei 2014

Kebudayaan Suku Aztec



Ilmu Budaya Dasar




Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang kebudayaan suku aztec.


aztec merupakan satu dari beberapa kebudayaan, yang disebut secara umum sebagai "nahuan" mengikuti bahasa mereka.ketika kaum astec sampai ke lembah anahuac, mereka dianggap oleh nahuas lain sebagai yang paling tidak berperadaban, jadi mereka memutuskan belajar, dan mengambil dari kaum-kaum lain, mereka banyak belajar dari toltec tua (yang sering dikelirukan dengan kebudayaan teotihuacan yang lebih tua).




Pada abad ke -13, ketika orang - orang aztec datang masuk ke meksiko bagian tengah, kota teotihuacan yang dulunya padat ini (kira - kira puncak kejayaansekitar 400M ) telah sepi ditinggalkan para pembangunnya yang misterius.bahkan orang - orang suku aztec yang ganas pun sangat terpukau saat pertama kali melihat bangunan piramida - piramida kematian ini.pusat upacaranya yang megah, dimana puluhan ribu masyarakatnya berkumpul di tengah - tengah monumen batu keramat, terbenam dibawah rimbunnya perpohonan.orang orang aztec menamai situs perbakala ini dan mengindentifikasi monumen - monumen paling agung dan megah sesuai dengan kepercayaan sendiri, yaitu piramida matahari dan piramida bulan.karena berasumsi bahwa beberapa bangunan ini adalah makam, mereka menyebut jalan raya utamanya "Street of the dead".
Kerajaan Aztec berdiri sekitar tahun 1298 M dan mencapai puncak kerjayaan pada tahun 1450 M. kerajaan Aztec mengalami kehancuran setelah datangnya bangsa spayol, dengan raja terkahir Monte Zuma II. Pusat kerjaan Aztec berada di daerah semenanjung Yukatan.
Kebudayaan Suku Aztec 

hasil dari kebudayaan suku aztec adalah 
  1. Kuil berbentuk piramida yang tengahnya berlubang untuk memasukan kurban (emas dan perak).
  2. Kosenp kepercayaan menyembah dewa - dewa.
  3. Patung di kota Vera Cruz, yang beratnya 30 ton sebagai perwujudan   dewa                                                                                                                                                      


Suku aztec tiap 50 tahun sekali mengadakan upacara besar - besaran yang dipusatkan di hall of the star, ibukota kerajaan aztec.

Ritual tentang suku aztec                                                                          

Fakta - fakta tentang ritual suku aztec 
  1. saat melakukan ritual, pendeta aztec mengecat hitam tubuh mereka sebagai pengenal bahwa mereka adalah seorang pendeta.
  2. setiap kali orang aztec menaklukan sebuat kota, mereka menambahkan semua dewa dari kota tersebut ke agama mereka. itu sebab, agama aztec selalu mendapat tambahan dewa baru.
  3. suku aztec menguburkan anggota keluarga mereka di dalam rumah
  4. ritual aneh aztec termasuk mendandani orang - orang khusus yang terpilih meniru dewa tertentu untuk kemudian dibunuh sebagai korban bagi dewa tersebut.
  5. keyakinan ini diperdalam dengan kepercayaan bahwa tiga dewa utama suku aztec Huitzilopochtli, Quetzalcoatl, dan Teccatlipoca mengorbankan diri dan menawarkan jantung mereka kepada matahari.suku aztec percaya bahwa jika mereka tidak melakukan pengorbanan, matahari tidak akan terbit keesokan harinya.


Fakta - fakta tentang pengorbanan manusia aztec
  1. Suku aztec percaya bahwa orang - orang yang dikorbankan untuk para dewa, perempuan yang meniggal selama persalinan, dan orang - orang yang tewas dalam pertempuran akan menjadi sahabat matahari selama 5 tahun setela mereka dilahirkan kembali sebagai koibri atau kupu - kupu.
  2. Para pendeta harus memilih orang yang cocok untuk dikorbankan, setelah itu mereka akan makan daging dan minum sebagian darah orang yang dikorbankan.
  3. Ritual pengorbanan dilakukan dengan urutan sebagai berikut : korban dipilih, dibawa ke altar dalam kuil atau piramida dimana pendeta dari suku aztec akan menyayat dada dan mengambil jantung saat korban masih hidup untuk kemudian jantung tersebut di bakar.setelah itu, mayat kemudian dilempar dari atas piramida.jika korban menunjukan keberanian, pendeta akan menunjukan rasa hormat dengan menggendong mayan menuruni piramida alih - alih melemparkannya.
  4. satu - satunya pengecualian aturan di atas adalah ketika pengorbanan dilakukan untuk huehueteotl - dewa makanan, kehangatan, dan kematian dimana korban pertama kali dilemparkan kedalam api dan ditarik keluar sebelum tewas untuk diambil jantungnya dan dibuang kedalam api.
  5. suku aztec percaya bahwa tlaloc, dewa hujan senang mendapatkan pengorbanan anak - anak dilakukan pada musim semi.
  6. dalam upacara yang unik, perawan dikorbankan untuk dewa Xochipili, yang dimana kaki mereka disilangkan sebelum akhirnya jantung dikeluarkan dari dada mereka.
  7. pada ritual lain, seorang wanita yang mewakili Xochiquetzal dikorbankan.
  8. setiap kali oran aztec kehabisan makanan, mereka akan makan daging dari mayat musuh mereka yang tewas dalam pertempuran.
kemunduran suku aztec 

        Bangsa Aztec mengalami kehancuran karena datangnya Spanyol. Dengan raja terakhirnya Monte Zuma II. Bangsa Spanyol banyak membunuh orang-orang Aztec. MEXICO CITY, Kilang-kilang minyak dan pembangkit-pembangkit tenaga listrik yang memompa polutan udara asam ke pantai Teluk Meksiko mengancam kelestarian lukisan-lukisan dinding (mural) batu di reruntuhan kota El Tajin yang berasal dari era sebelum kemunculan suku Aztec.














1 komentar:

  1. Artikelnya lumayan lengkap,adanya fakta bahwa suku aztec mengorbankan manusia sebagai sesembahan selain itu juga ada hasil kebudayaan suku aztec

    BalasHapus