Jumat, 22 Mei 2015

suku batak

Suku Batak

Suku batak adalah suku yang berasal dari Sumatra utara. Tapi sejarah dari para peneliti menemukan bahwa suku batak berasal dari Thailand pergi menuju semenanjung Malaysia lalu menyebrang ke Sumatra dan menghuni sianjur mula – mula, lebih kurang 8 km arah barat pangururan, pingiran danau toba sekarang.versi lain mengatakan, dari india melalui barus atau dari alas gayo berkelana ke selatan hingga bermukim di danau toba sekarang.
Daerah asal orang batak di kenal dengan daratan tinggi karo, kangkat hulu, simalungun, toba, mandailing dan tapanuli tengah. Daerah ini dilalui oleh rangkaian bukit barisan di daerah Sumatra utara dan terdapat sebuah danau besar yang bernama danau toba.
1)      Unsur budaya :
  •          Bahasa : dalam kehidupan sehari – hari , orang batak banyak menggunakan logat beberapa di antaranya adalah ; logat karo , logat toba , logat pak-pak , angkola , dan mandailing.
  •          Pengetahuan : orang batak juga mengenal system gotong royong dalam bercocok tanam. Dalam bahasa karo di sebut raron , sedangkan dalam bahasa batak toba yaitu marsiurupan.

              

·         Teknologi : Masyarakat batak banyak mengenal dan mempergunakan alat – alat sederhana yang digunakan untuk bercocok tanam dalam kehidupannya. Seperti cangkul , bajak , tongkat tunggal , sabit , atau ani – ani. Masyarakat batak juga mempunyai senjata tradisional yaitu ; pisau surit , pisau gajah dompak , hujur , podang.
2)      Organisasi sosial :
·         Perkawinan : Pada tradisi suku batak seseorang hanya bisa menikah dengan orang batak yang berbeda marga atau clan. Apabila yang menikah adlah seseorang yang bukan berasal dari suku batak maka dia harus diadopsi oleh salah satu marga batak (berbeda clan).
     
·        Kekerabatan : kelompok kekerabatan suku batak berdiam di perdesaan yang disebut huta atau kuta menurut suku karo.biasanya satu huta didiami oleh satu marga. Ada pula kerabat yang disebut marga taneh yaitu kelompok pariteral keturunan perndiri dari kuta.
·         Mata pencaharian : pada umumnya suku batak banyak yang bercocok tanam padi di sawah maupun di lading.lahan didapatdari permbagian berdasarkan marga.setiap keluarga mendapatkan tanah tetapi tidak boleh menjualnya.peternakan juga menjadi salah satu mata perncaharian suku batak , antara lain peternakan kerbau , babi , sapi , bebek , ayam. Penangkapan ikan juga dilakukan sebagian di sekitar danau toba. Dan juga sector kerajinan.

 
·         Kesenian : seni tari yaitu Tari tor – tor (bersifat magis) , tari serampang dua belas.
·         Makanan dan minuman :

Dengke naniarsik


Tuak


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar